Senin, 10 Mei 2010

Honda Jazz VS Suzuki Swift VS Toyota Yaris

















  1. Memilih mobil bagi sebagian besar orang adalah sama dengan memilih pasangan hidup; setiap hari ketemu, setiap hari dipake jalan, harus tau kelebihan beserta kekurangan yang tentunya masih bisa diterima.
  2. Sudah bisa menentukan mobil apa berarti sudah siap dengan budgetnya, apalagi dipermudah dengan kelas yang sama, yang pasti mempermudah pemilihan
  3. Tentukan apakah mobil ini akan dipakai untuk apa? sehari2? weekend? lebih sering sendiri? rame2? sering bawa barang banyak atau tidak? apa yang diutamakan? kenyamanan? tampilan? akomodasi? atau diantaranya?
Dengan penjelasan di atas bisa kita kupas satu persatu kelebihan & kekurangan dari 3 pilihan Swift, Jazz atau Yaris Smile

Honda Jazz:
  1. Banyak varian yang bisa disesuaikan dengan budget, i-dsi M/T & A/T yang efisien & ekonomis atau VTEC yang bertenaga namun tetap hemat.
  2. Soal keamanan & piranti keselamatan yang lengkap ada pada VTEC A/T, dengan dual Air Bag, ABS + EBD & BA. AFAIK i-dsi A/T hanya ada ABS + EBD + BA
  3. Soal model sudah teruji dengan menjadi pilihan banyak orang, bagian sebagian orang, mungkin terasa membosankan, tapi benefitnya adalah mudah untuk dijual kembali dan harga bekas cukup tinggi, fenomena ini dimiliki oleh kijang dan Avanza yang resale valuenya masih cukup tinggi.
  4. Soal pemakaian bensin, untuk versi i-dsi CBU memang disarankan pertamax, tapi versi CKD i-dsi/vtec hanya memakai RON 88 (pre tt). Pun demikian, efisiensi ultra tinggi didapat hanya dengan pemakaian pertamax.
  5. Teknologi yang diusung, matik CVT dengan 7 pilihan kecepatan plus shift knob disetir, membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan
  6. Kenyamanan, paling rendah diantara ketiganya, Honda membuat jazz agar lebih gesit dan stabil sehingga kaki2 dibuat lebih keras dari para rivalnya. Posisi mengemudi moderate, kurang nyaman buat jalan jauh.
  7. Interior, paling oke dan berkelas dengan dashboar platik yang rapi dan presisi, enak dilihat dan terkesan mewah
  8. Akomodasi, sang juara dengan bagasi paling luas, fungsional dengan fitur Ultra Seat, pelipatan bangku juga mudah, mampu memuat barang banyak dari mulai yang tinggi s/d panjang. tempat duduk penumpang cukup lega walo belum selega Yaris

Suzuki Swift:
  1. Ada beberapa varian, M/T dan A/T serta GT, semua dengan mesin sama plus fitur VVT
  2. Soal keamanan menjadi yang terlengkap, semua varian sudah dilengkapi ABS/EBD/BA dan dual Air Bag
  3. Model luar sangat menawan, ada sentuhan retro dari garis-garisnya, sekilas mirip Mini Cooper. Resale Value belum teruji, dan Suzuki sedang merubah imagenya, dari pembuat mobil murah menjadi pembuat mobil berkelas dan bermutu tinggi, ini yang masih sulit diterima masyarakat.
  4. Semua Swift disarankan memakai pertamax untuk performa optimal, namun gak masalah kalo pake Pre TT, cuma jadi lebih boros dan boyo.
  5. Teknologi mesin sudah terbukti handal namun sekaligus menjadi kelemahan, seri M15A sudah terasa usang karena dipakai dibeberapa mobil seperti Aerio dan Baleno dalam waktu lama, kelebihannya, mudah diservis karena mekanik sudah familiar. Fitur tombol audio disetir menambah gaya dan kemudahan.
  6. Kenyamanan, ada diantara Jazz dan yaris, lembut sekaligus stabil. Posisi mengemudi no 1, paling pas memeluk tubuh.
  7. Interior: Bagus dan minimalis serta fungsional dengan MID ditengah dashboard, sayang dibeberapa mobil penempatan airbag penumpang terlihat garis-garis, terkesan rusak. HU integrasi bagi sebagian orang gak asyik, menyusahkan buat gonta ganti HU.
  8. Bentuk yang kompak menjadi kelemahannya dari sisi akomodasi, bagasi paling kecil dan sempit, ruang kepala tempat duduk belakang rendah, sedikit menyusahkan bagi orang yang tinggi, tempat duduk belakang paling sempit diantara ketiganya

Toyota Yaris
  1. Varian dari mulai E s/d S Limited, ada M/T dan A/T
  2. Soal keamanan seperti Swift, lengkap dari mulai varian E s/d S Limited
  3. Model menjadi perdebatan, banyak yang bilang aneh, gak sedikit juga yang bilang bagus, soal ini tergantung selera aja. Resale value belum teruji, baru kali ini toyota bingung produknya gak meledak hehe
  4. Seperti Swift minumnya juga pertamax biar kinerja mesin optimal dan efisiensi tercapai
  5. Teknologi VVT-i sudah banyak teruji, sayang fitur start/stop yang memudahkan dan terkesan berkelas hanya ada pada S limited.
  6. Paling nyaman diantara kontestan, namun sekaligus paling limbung pada kecepatan tinggi, ground clearance yang tinggi turut andil dalam gejala limbung tersebut terutama saat bermanuver cepat. Posisi duduk supir sama dengan Jazz.
  7. Interior: Terlihat berkelas, sayangnya hanya terdapat pada S dan S Limited, yang varian E, maaf..plastiknya gak rapi dan terkesan murahan.Penempatan speedometer dengan center facia, bukan selera semua orang.
  8. Akomodasi: Ada diantara Jazz dan Swift, ruang kaki penumpang belakang paling luas terutama di varian S dan S limited.


Berdasarkan keterangan diatas silakan direnungkan,
mana yang paling pas...akomodasi yang luas? model paling menawan? atau tampang yang modern? atau faktor lain? Smile


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar